PANDUAN DRIVER

A. FITUR APLIKASI DRIVER
1. setelah anda diterima sebagai driver oleh admin, pertama masuk ke aplikasi playstore untuk menginstal aplikasi khusus driver atau KLIK LINK APLIKASI DRIVER INI lalu pilih unduh sekarang, kemudian pilih instal



2. kemudian masukkan akun aplikasi At-Tausil anda yang telah diterima sebagai driver lalu pilih login


3.selanjutnya aplikasi membutuhkan akses lokasi pilih ok lalu pilih izinkan sepanjang waktu



4. ada tiga halaman dalam aplikasi driver sebagai berikut;

✓Info: yang berisikan peta kurir dan informasi

✓aktivitas: untuk melihat pesanan yang menunggu karena belum ada driver yang terima dam pesanan yang sudah diselesaikan

✓dompet: untuk topup dan tarik saldo serta melihat arus saldo keluar masuk.

✓akun: untuk melihat akun atau profil driver

5. di bagian halaman info tersedia sebagai berikut;

-->merah: untuk melihat akun pribadi yang berisi profil, saldo, pesanan yg diselesaikan dll

-->merah: untuk mendapatkan panduan driver

-->hijau: melihat saldo saat ini

-->hitam: melihat orderan yang telah diterima

-->kuning: untuk merubah notifikasi dan lahanan aktif driver, centang ketika aktif dan siap menerima orderan



B. MENERIMA & MENYELESAIKAN ORDERAN

1. ketika ada orderan customer maka akan muncul notifikasi ke driver terdekat dari asal dengan radius 7 KM 


2. Driver memiliki waktu 15 detik untuk menerima orderan tersebut, pilih terima pesanan


3. sebelum menerima orderan customer sebaiknya periksa  detail lokasi asal dan tujuan yang tertulis atau pilih buka map


4. ketika telah diterima maka driver diwajibkan untuk chat  atau telepon customer pada icon Informasi pemesan ditampilan atas untuk memverifikasi pesanan dan titik lokasi customer (dikhawatirkan orderan fiktif).

 
Catatan: Untuk telepon melalui aplikasi itu gratis tanpa dibebani biaya pulsa.

5. lalu chat mitra/penjual di icon tampilan bawah hubungi penjual untuk menanyakan apakah orderan pemesan tersedia atau tidak.


6. ketika tersedia, sold atau tutup, kiranya chat kembali pemesan untuk menanyakan kondisi orderan tersebut untuk menghindari anggapan customer bahwa driver lamban dalam menyelesaikan tugas



7. lihat tipe pembayaran pemesan, ketika pembayaran langsung maka driver diminta untuk membayarkan pemesan terlebih dahulu ke penjual (COD), ketika pembayaran saldo maka tidak ada pembayaran tunai/cash dikarenakan saldo pemesan akan otomatis terpotong menuju ke penjual dan driver setelah driver mnyelesaikan orderan


8. pilih icon arah untuk mengetahui alamat;

✓panah merah otomatis mendeteksi posisi driver dengan penjual (asal)

✓panah biru otomamatis mendeteksi posisi driver dengan pemesan (tujuan)


9. ketika keluar dari aplikasi driver dan ingin mencari pesanan yang telah diterima maka masuk kembali ke aplikasi driver dan pilih selesaikan pesanan


10. pilih penyesuaian harga ketika orderan tersebut lebih besar dan lebih berat atau cuaca tidak kondusif sehingga membutuhkan upaya ekstra dalam pengawasan dan penjagaan. 

 penting: penyesuaian harga tersebut disesuaikan dengan komunikasi bersama customer yang penyesuaiannya antara 20-50% dari tarif driver yang diterima. (misal tarif driver 5.000 berarti penyesuaian 20-50% berarti 1.250-2500 tidak boleh lebih.) berarti 5.000+2000 = 7.000


11. pilih sampai, ketika driver telah sampai di lokasi penjual (asal)



12. pilih antar, ketika driver akan mengantar pesanan ke pemesan



13. pilih selesai ketika driver telah menyelesaikan pesanan


14. pilih  batalkan pesanan ketika driver ingin membatalkan.



15. Pilih batal sebagai driver ketika driver salah terima dan pilih batalkan pesanan ketika stock habis atau toko tutup agar sistem tidak kembali mencari driver baru



16. minimal saldo driver untuk dapat menerima pesanan adalah Rp. 5.000 silakan lakukan Topup/tambahan terlebih dahulu. Saldo tersebut merupakan milik driver, karena adanya sistem komisi driver sehinga tidak memungkinkannya driver setiap saat untuk menyetor komisi ketika ada transaksi ke kantor maka perlu topup saldo agar admin bisa mengambil komisi tersebut melalui saldo aplikasi.




CATATAN PENTING:
dalam transaksi tiga arah yang terdapat mitra/penjual didalamnya, ketika pembayaran saldo maka pembayaran berlangsung secara otomatis dari saldo pembeli terkirim ke saldo mitra/penjual dan driver setelah driver menyelesaikan transaksi. namun Ketika tipe pembayaran langsung (cash/tunai) maka Komisi pesanan di ambil dari saldo driver.
CONTOH KASUS: 

✓panah merah: harga produk mitra/penjual yang tampil di aplikasi utama Rp. 11.000

✓panah hitam: driver akan menerima harga total yang dibayar pembeli Rp. 16.000

✓panah biru: ongkos kirim dalam pesanan tersebut Rp. 5.000
(16.000 - 5.000 : 11.000)

✓ panah kuning: driver diwajibkan membayar harga produk tersebut ke mitra/penjual sesuai dengan harga pesanan yaitu Rp. 10.000
(16.000 - 5.000 = 11.000 - 10.000 = 1.000)

✓panah hijau:  komisi pesanan untuk aplikasi Rp. 1.000 yang diterima cash/tunai oleh driver dan akan di potong melalui saldo driver. 
(16.000-5.000=11.000-10.000=1.000-1.000=0)

jadi, kami jelaskan kembali komisi pesanan tersebut bukan berarti komisi bagi driver melainkan sebagai perantara dari driver ke aplikasi, contoh: driver terima komisi pesanan Rp. 1.000 cash/tunai. lalu di tarik dari saldonya ke aplikasi 1.000. jadi tidak bertambah dan berkurang secara nilainya atau 1.000 merupakan komisi pesananan untuk aplikasi yang dititip ke driver. cuman karena tidak mungkin ditemui driver setiap saat untuk ambil komisi pesanan yang 1000 jadi solusinya langsung diambil melalui saldo driver yang dipotong.



📲 apabila ada kendala atau pertanyaan silahkan hubungi customer service via whatsapp di 0822-6021-8991 atau klik link wa ini tim kami dengan senang hati akan membantu anda.😇 

Sekian dan terima kasih.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LINK AT-TAUSIL

KEBIJAKAN PRIVASI