SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNA
Selamat Datang di Aplikasi At-Tausil, Tersedia Layanan Ojek Online, Kurir, Pulsa/Token, Pesan Antar Makanan dan Belanja Kebutuhan Keseharian Lainnya.
Syarat dan ketentuan ini dibuat untuk mengatur hak dan kewajiban kedua belah pihak secara legal. Pengguna harap membaca dengan cermat segala syarat dan ketentuan yang ada sebelum menggunakan layanan aplikasi At-Tausil. Pengguna diperkenankan untuk menggunakan layanan At-Tausil jika menyetujui seluruh syarat dan ketentuan berikut.
Syarat dan ketentuan ini dibuat untuk mengatur hak dan kewajiban kedua belah pihak secara legal. Pengguna harap membaca dengan cermat segala syarat dan ketentuan yang ada sebelum menggunakan layanan aplikasi At-Tausil. Pengguna diperkenankan untuk menggunakan layanan At-Tausil jika menyetujui seluruh syarat dan ketentuan berikut.
DEFINISI
- At-Tausil adalah aplikasi layanan transaksional yang menyediakan layanan ojek online, kurir, pulsa/token. pesan antar makanan & belanja kebutuhan lainnya.
- At-Tausil tidak bertindak sebagai penjual produk/vendor jasa yang ada di layanan ini, namun sebagai pihak yang memfasilitasi transaksi antara penjual/vendor dan pembeli sesuai dengan sistem At-Tausil demi keamanan dan kenyamanan pihak-pihak yang menggunakan layanan At-Tausil .
- Pengguna adalah perseorangan maupun badan usaha yang menggunakan layanan apliasi At-Tausil untuk melakukan transaksi
- Pembeli adalah pengguna yang melakukan pembelian produk (barang/jasa) melalui aplikasi At-Tausil
- Penjual adalah pengguna yang melakukan penjualan produk berupa barang melalui aplikasi At-Tausil
- Vendor adalah pengguna yang melakukan penjualan produk berupa jasa melalui aplikasi At-Tausil
- Produk adalah barang/jasa yang ditawarkan oleh penjual/vendor melalui aplikasi At-Tausil.
- Rekening At-Tausil adalah rekening yang digunakan untuk menerima pembayaran dari pengguna untuk melakukan transaksi non tunai.
AKUN
- Pengguna menyatakan akan menggunakan akun sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku serta bersedia menerima konsekuensinya apabila melanggar syarat dan ketentuan.
- Pengguna wajib mengisi identitas pribadi dengan lengkap dan sesuai dengan informasi yang sebenar-benarnya.
- At-Tausil tidak akan menyalahgunakan identitas pribadi pengguna.
- Pengguna wajib menjaga keamanan akunnya sendiri dengan merahasiakan email dan sandi yang digunakan agar tidak disalahgunakan pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Segala kerugian yang timbul akibat dari kelalaian pengguna menjaga kerahasiaan akun menjadi tanggung jawab pengguna.
- At-Tausil tidak akan pernah meminta sandi kepada pengguna.
- Pengguna yang akan bertindak sebagai penjual/vendor wajib mendaftar sebagai mitra terlebih dahulu
- At-Tausil berhak mengambil tindakan yang dirasa perlu (meliputi namun tidak terbatas pada menghapus produk/jasa yang dijual maupun menghapus akun pengguna) tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna jika ada indikasi pengguna melakukan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan maupun hukum yang ada.
PEMBELIAN
- At-Tausil hanya menjadi fasilitator untuk membantu Penjual/Vendor menemukan pembeli.
- Pembeli yang melakukan transaksi dengan Penjual/Vendor, sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Penjual/Vendor yang bersangkutan
- Pembeli wajib membaca, memahami, dan setuju dengan informasi barang/jasa dan deskripsi barang/jasa sebelum memutuskan melakukan pembelian. Segala kerugian yang timbul akibat kelalaian pembeli dalam memahami deskripsi barang/jasa merupakan tanggung jawab pembeli.
- Pembeli wajib memahami bahwa warna produk dapat sedikit berbeda dari warna yang dilihat karena warna produk yang tampil di layanan At-Tausil dipengaruhi oleh layar/monitor masing-masing perangkat yang digunakan pembeli.
- Pembeli wajib memahami bahwa kesediaan stok produk tergantung masing-masing penjual dan bukan merupakan tanggung jawab At-Tausil. Apabila stok produk kosong maka penjual akan menolak pesanan dan pembayaran akan dikembalikan secara penuh kepada pembeli.
- Penambahan/Topup saldo dengan rekening At-Tausil sebagai pengantara wajib transfer sesuai dengan nominal yang akan keluar. kode unik yang berfungsi untuk sebagai kode masing-masing transaksi. Contoh: harga topup Rp 50.000, kode unik Rp 132 maka jumlah yang akan muncul untuk dibayarkan adalah Rp 50.132 agar dapat dilacak oleh sistem kami.
- Kode unik transfer yang tercantum adalah untuk mempermudah sistem kami dalam melakukan pengecekan transaksi dana. Pastikan kode unik yang di transfer sesuai dengan yang tertera di Invoice untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Jika Keberatan, Pengguna berhak untuk mengabaikan kode unik dan hanya membayar nilai pokok. Bilamana pengguna hanya membayarkan nilai pokok, pembayaran yang dilakukan harus dilakukan konfirmasi manual ke customer service kami dan kemungkinan proses otorisasi Pembayaran juga lebih lama atau terhambat dikarenakan banyaknya transaksi yang terjadi setiap harinya.
- Dana akan diteruskan kepada penjual setelah pembeli melakukan konfirmasi penerimaan pesanan atau status pesanan diubah menjadi selesai secara otomatis oleh sistem.
- At-Tausil akan mengganti status pesanan menjadi selesai setelah 2 hari dari penjual melakukan input nomor resi ke At-Tausil, jika tidak ada komplain apapun baik dari pihak pembeli maupun penjual.
- Jika ada permasalahan transaksi yang belum terselesaikan karena penjual dan pembeli belum mencapai kesepakatan solusi, maka At-Tausil memiliki wewenang sepenuhnya untuk membuat keputusan dengan melihat bukti-bukti yang ada dan kedua belah pihak wajib tunduk sepenuhnya pada keputusan At-Tausil.
PENJUALAN
- Penjual/vendor wajib memberikan keterangan selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya mengenai produk yang dijual, baik berupa barang maupun jasa. At-Tausil berhak menahan/membatalkan dana untuk diteruskan kepada penjual/vendor jika terbukti penjual/vendor tidak memberikan informasi yang sebenarnya mengenai produk/jasa yang dijual.
- Penjual/vendor dilarang melakukan manipulasi harga produk yang diunggah di dalam aplikasi At-Tausil .
- Penjual wajib melakukan konfirmasi penerimaan pesanan dalam waktu 2 hari sejak pesanan dibuat. Jika dalam 2 hari penjual belum melakukan konfirmasi penerimaan pesanan, maka pesanan akan otomatis dianggap ditolak oleh penjual.
- Penjual wajib konfirmasi dahulu pada pembeli jika stok barang tidak mencukupi pesanan dari pembeli sebelum melakukan konfirmasi penerimaan pesanan. Transaksi dapat dilanjutkan jika pembeli setuju untuk tetap membeli dalam kuantitas yang ditawarkan dan kelebihan dana akan dikembalikan pada pembeli.
- Penjual wajib melakukan input resi maksimal 3 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/Hari Libur Nasional) setelah menerima pesanan. Jika nomor resi belum diinput dalam 3 hari kerja maka pesanan otomatis akan dibatalkan.
- Penjual dilarang meneruskan pengiriman barang pada transaksi yang telah dibatalkan karena melampaui batas waktu yang ditetapkan. Segala kerugian yang timbul akibat penjual mengirimkan barang yang telah dibatalkan transaksinya merupakan tanggung jawab penjual.
- Penjual diijinkan untuk mengganti jasa pengiriman dari jasa pengiriman yang disepakati di awal dengan syarat biaya jasa pengiriman pengganti harus lebih rendah dari jasa pengiriman yang disepakati di awal. Kelebihan ongkos kirim akan dikembalikan pada pembeli.
- Jika terdapat selisih ongkos kirim antara biaya di sistem dan di jasa pengiriman yang bersangkutan, penjual dapat meneruskan transaksi dengan memahami bahwa tidak akan ada penggantian selisih ongkos kirim atau penjual dapat melakukan komplain ke pihak At-Tausil jasa pengiriman yang bersangkutan untuk penelusuran lebih lanjut.
- At-Tausil memiliki wewenang untuk menahan dana hasil penjualan jika ada komplain mengenai transaksi dari pihak pembeli (meliputi namun tidak terbatas pada barang/jasa tidak diterima, nomor resi tidak dapat dilacak, kualitas produk) sampai ada solusi permasalahan untuk transaksi tersebut atau ada konfirmasi dari pembeli bahwa transaksi telah dianggap selesai.
- Penjual/vendor dilarang menjual barang-barang terlarang, yang akan dijabarkan lebih lanjut pada poin selanjutnya.
PRODUK TERLARANG
- Obat-obatan maupun zat yang dilarang/dibatasi peredarannya oleh hukum di Indonesia (meliputi namun tidak terbatas pada Narkotika, obat keras, obat yang tidak terdaftar di BPOM, obat yang memerlukan resep dokter, dan obat bius).
- Kosmetik dan makanan yang tidak terdaftar di BPOM atau berpotensi membahayakan penggunanya.
- Bahan yang termasuk kategori Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan.
- Senjata api dan kelengkapannya, airsoft gun dan kelengkapannya, senjata tajam dan kelengkapannya, replika senjata, maupun jenis senjata lainnya.
- Kategori produk tertentu yang wajib memiliki SNI, petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia, atau label dalam Bahasa Indonesia sementara produk yang ingin dijual tidak memenuhi standar tersebut.
- Barang-barang yang kepemilikannya atau peredarannya dilarang oleh hukum yang berlaku di Indonesia.
- Media rekam dalam bentuk apa pun (CD/VCD/DVD/lainnya) yang melanggar Undang-Undang Hak Cipta. Contohnya yang merupakan CD/VCD/DVD bajakan.
- Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
- Seragam atau atribut pemerintahan.
- Seragam atau atribut kepolisian.
- Barang/rekaman dengan konten yang dapat mengganggu keamanan, ketertiban, dan stabilitas nasional.
- Bagian/organ manusia.
- Mailing list dan informasi pribadi.
- Barang-barang yang menyudutkan pihak/ras tertentu atau merendahkan martabat orang lain.
- Barang yang mudah meledak/terbakar.
- Barang-barang yang berkaitan dengan pornografi dan aktivitas seksual, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi) yang diijinkan untuk diperjualbelikan menurut aturan hukum.
- Minuman beralkohol.
- Barang curian.
- Barang yang diklaim memiliki kekuatan gaib/mistis.
- Barang-barang yang mendukung aktivitas pencurian/tindak kejahatan lainnya.
- Barang-barang yang mendukung aktivitas pelanggaran hukum di Indonesia.
- Barang-barang dari Black Market.
- Barang-barang tiruan/palsu/KW dari merk terdaftar.
- Pakaian dalam bekas.
- Hewan/binatang peliharaan.
- Uang tunai dan materai.
- Dokumen-dokumen resmi seperti sertifikat, ijazah, surat dokter, kwitansi, dan sebagainya.
- Segala jenis barang yang melanggar ketentuan pengiriman barang di Indonesia.
- Segala jenis barang yang melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.
- Jasa yang berkaitan dengan tindakan yang dilarang secara hukum di Indonesia. Contohnya: prostitusi, aborsi, pembunuh bayaran, dan lain-lain.
- Jasa yang merugikan atau mengganggu privasi orang lain/golongan tertentu. Contohnya: buzzer untuk hate speech, pembuat konten hoax, mata-mata, hacking, peretasan dan lain-lain.
- Jasa yang berkaitan dengan ilmu mistis.
DANA
- Apabila transaksi pembelian dibatalkan oleh penjual, dana pembelian akan dikembalikan ke saldo di akun pembeli yang dapat pembeli tarik sewaktu-waktu. Proses pencairan dana akan diproses di hari kerja dan apabila setelah 5 hari kerja dana belum cair maka disarankan untuk menghubungi customer service At-Tausil . Rekening di luar BRI apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan pengguna.
- Dana hasil transaksi penjualan akan diteruskan kepada penjual setelah transaksi selesai. Dana akan masuk ke saldo di akun At-Tausil penjual yang dapat penjual tarik sewaktu-waktu. Proses pencairan dana akan diproses di hari kerja dan apabila setelah 5 hari kerja dana belum cair maka disarankan untuk menghubungi customer service At-Tausil. Rekening di luar BRI apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan pengguna.
Kritik dan Saran
At-Tausil sangat mengharapkan kritik dan saran dari pengguna aplikasi At-Tausil Adapun kritik dan saran yang diharapkan dapat disampaikan dengan santun dan demi kemajuan At-Tausil .
Kontak
Customer Service: 0822 6021 8991
Email Jagel.id : aplikasitransaksionalattausil@gmail.com
Ikuti Kami
Blog: At-Tausil
Facebook: At-Tausil APlikasi Transaksional
Instagram: attausil
Youtube: At-Tausil
Komentar
Posting Komentar